GasTrek Lumpur Jepara, Manifestasi Rakyat

GasTrek Lumpur Jepars

GasTrek Lumpur Jepara

Suatu sore di ladang ketela berjajar ratusan motor. Pemandangan parkiran motor yang bisa kita jumpai di desa-desa di Jepara ketika ada hiburan, seperti ojing (dangdut, tongtek, dan sejenisnya) dan hiburan lainnya. Kali ini hiburannya gas trek lumpur.

GasTrek Lumpur

Sebuah balapan / trek-trekan dengan sirkuit berlumpur. Motornya pun bermacam-macam. Tidak mesti harus motor balap atau motor bebek meskipun di gelanggang lumpur.

Disebut gastrek lumpur karena sirkuitnya sengaja dibikin berlumpur. Alias tanah becek. Di beberapa titik sampai dibuat genangan lumpur tanah. Sirkuitnya juga berada di tengah kebun. Di dekat sawah. Ya persis trek-trekan di sawah, cuma ini dibikin berkelok-kelok selayaknya sirkuit.

Kompetisi sekaligus hiburan

Jika kompetisi seringkali berbau persaingan yang ketat, atmosfernya cenderung untuk melawan dan saling mengalahkan. Apalagi balapan. Gas trek lumpur menghadirkan kompetisi yang lebih cair, suasananya lebih menggembirakan. Karena tidak seperti di arena balap yang normal. Di gastrek lumpur tidak hanya sekedar kemampuan / skill atau soal kendaraannya saja, tapi juga butuh keberuntungan.

Inilah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat. Kompetisi sekaligus hiburan. Hiburan menonton para pembalap yang berjuang melewati lumpur sampai garis finish. Berkubang sampai terkadang motornya mati. Tidak jarang ban motor pun bedah namun tetap di gas oleh si pembalap.

Peserta gembira, panitia gembira, penonton tentu juga bergembira. Jika menonton jangan terlalu dekat, atau siap terkena cipratan lumpur. Atau mungkin terkena cipratan lumpur juga bagian dari sensasi tersendiri saat menonton gas trek lumpur. Rasanya kurang afdol jika belum kena cipratan lumpur.

Belajar dari gastrek lumpur

Jika ditanya adakah kompetisi yang tidak penting menang atau kalahnya, tapi penting onone? Ada, gastrek lumpur! Selain itu? Mbuh, pikiren dewe

Jika ditanya adakah hiburan yang bisa mengundang banyak orang tapi tetap memiliki nilai-nilai yang baik? Ada, gastrek lumpur! Selain itu? Pikiren dewe boss

Beberapa kali acara gastrek lumpur diselenggarakan untuk penggalangan dana pembangunan masjid. Salut!

Gastrek lumpur adalah bentuk manifestasi dari masyarakat yang butuh ruang kompetisi dan hiburan yang merakyat seluruh kalangan, arif, dengan sengkuyungan / gotong royong / sambatan.

Gastrek lumpur milik rakyat! Gasss!
Rusdiyan Yazid
Rusdiyan Yazid

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment